Information Technology - University Of Technology Sumbawa

Thursday 12 October 2017

Alasan kenapa kamu harus memilih jurusan Teknik Informatika

1. Ketika Komputer telah dijadikan Hobi sejak kecil
     Mungkin sejak kecil anda sudah terbiasa menggunakan komputer, bahkan anda lebih senang duduk berjam-jam di depan komputer karena banyak software/fitur fitur yang menarik dan tersedia di komputer. Dan hal tersebut tentu saja menjadi alasan anda untuk memperdalam ilmu komputer dengan memilih jurusan Teknik Informatika.

2. Lapangan Pekerjaan Akan Tersedia Lebih Luas
     Untuk kedepannya, tentu Teknologi komputer akan semakin berkembang dan akan tersedia lebih banyak lagi perusahaan atau lapangan pekerjaan yang membutuhkan orang yang bisa menguasai teknologi itu sendiri. Dan apa tindakan kita setelah mengetahui itu semua? apakah kita hanya terus berdiam diri, atau kita memilih untuk mempersiapkan diri dengan cara belajar dan memperdalam ilmu Computing.... Ya tentu kita akan memilih untuk mempersiapkan diri bukan? dan, jelas dengan cara memilih Jurusan Informatika.

3. Karena Jurusan yang Diambil Ketika Masa SMK
     Yaa, ketika kita telah memilih untuk mempelajari ilmu komputer sejak SMK, seperti RPL, TKJ, Multimedia, dan lain sebagainya. Tentu, apabila kita merasa bahwa ilmu komputer itu adalah ilmu yang sangat berguna kedepannya.. Bukankah seharusnya kita lebih mem fokuskan diri untuk bisa terus belajar dan meningkatkan ilmu yang kita dapatkan semasa SMK ke tingkat yang lebih tinggi lagi.. Karena apabila kita semasa SMK memilih jurusan Komputing, terus seketika dihadapkan dengan berbagai pilihan di dunia perkuliahan dan anda memilih jurusan yang bertentangan dengan jurusan anda sebelumnya. Tentu anda harus belajar dari nol lagi dan apa yang terjadi terhadap ilmu yang anda pelajari selama 3 Tahun di SMK? apakah itu akan sia-sia? atau ya.. anda bisa saja memilih untuk mempelajarinya secara ototidak, akan tetapi percayalah bahwa itu semua bakal jauh lebih sulit atau sangat berat dari yang kita semua bayangkan :")  . Saran dari saya, anda harus bisa memilih untuk fokus ke salah satu :D
* maksud dari option ketiga adalah apabila anda merasa bahwa semasa SMK itu anda memilih jurusan yang salah (RPL,TKJ,Multimedia, dan lain sebagainya).

4. Bercita-cita menjadi Programmer, Web Administrator, atau lain sebagainya
     Ini nih, alasan yang banyak diinginkan untuk masuk kuliah di Informatika. Menjadi seorang programer tersebut bayangannya adalah dapat membuat program yang hebat yang bisa menyelesaikan pekerjaan apapun. Hal ini ada sebagian yang tertarik menjadi programer setelah melihat film-film yang berhubungan dengan teknologi. Pasti keren jika kita bisa membuat sebuah program yang dapat menggantikan segala pekerjaan kita dan kita bisa tiduran santai. Jadi bayangan awal tertarik masuk kuliah di informatika akan diajarkan hal-hal tersebut. Sehingga lulusan SMA/SMK tertarik masuk.
*Akan Tetapi, percayalah bahwa untuk bisa menjadi seperti yang kita cita-citakan. Kita harus berjuang lebih giat lagi dan terus percaya bahwa dengan perjuangan yang semakin berat, kita tentu akan mendapatkan hasil yang setimpal.

5. Bayangan terhadap Informatika itu, akan belajar full seputar ilmu Komputer 
     Ya memang Jurusan Informatika akan fokus mempelajari Ilmu Komputer, nah akan tetapi. Untuk bisa mempelajari ilmu komputer, anda harus mempelajari dasar - dasar atau bisa dibilang, kita harus membangun pondasi nya terlebih dahulu, agar kelak bisa dengan mudah menguasai Ilmu Komputer itu sendiri. Bisa dibayangkan bukan? ketika anda pada saat Semester Awal dihadapkan langsung dengan Bahasa Pemrograman (JavaScript, PHP, CSS, dan lain sebagainya) tanpa membangun sebuah pondasi terlebih dahulu, seperti melatih Logika pemikiran dengan mengerjakan berbagai soal Matematika sehingga kelak ketika dihadapkan dengan dunia Pemrograman, kita sudah terbiasa bermain logika.
* Ketika anda berpikir bahwa Teknik Informatika itu adalah jurusan yang full mempelajari Ilmu Komputing, itu tidaklah salah. Akan tetapi, pada semester awal kita akan melatih Logika Pemikiran (Matematika, Kalkulus, Algoritma, dsb).


~ Oke, Sekian Saran dan Alasan dari saya ~
~ Semoga Bermanfaat ~
Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh

No comments:

Post a Comment