Information Technology - University Of Technology Sumbawa

Monday 18 January 2016

Setting UBNT Power Beam M2 400 Sebagai Acces Point di Linux

1. Pastikan anda telah membaca buku manual (Manual Book) yang ada di dalam kardus
2. Pastikan kabel PoE pada adaptor tercolok/terhubung ke perangkat radio dan kabel LAN terhubung ke Laptop/PC anda.
3. Setting IP pada laptop 1 subnet dengan IP Default perangkat Antena UBNT(192.168.1.20) Caranya :

  - Edit Connections -> Add -> Create
  - Pilih Device MAC Address nya -> eth0

  
  - Pindah ke Tab IPv4 Settings -> Method Manual, lalu isi seperti di gambar, setelah itu di Save

4. Konek ke ethernet yang disetting tadi
5. Buka melalui Browser -> 192.168.1.20 (IP Default Ubnt nya)
6. Isi Username sesuai dengan yang ada di kardus, biasanya sih Username = ubnt , Password : ubnt , Country nya sesuaikan aja, Languagenya jg sesuaikan asalkan paham, dan centang tulisan I agree . . . Kemudian Login

7. Pada tab System, di isi Device Namenya, terserah nama apa aja, misalnya "Device Name" - AP Maluk atau Access Point Maluk. Time Zone nya diatur sesuai Lokasi kalian, Startup Date nya juga di Enable dan di isi sesuai tanggal terbaru, setelah itu di Change -> Apply.
8. Pindah ke tab Network, di ubah IP Address nya saja. Management Ipnya, tergantung anda menggunakan IP yang Static atau DHCP, kalau saya menggunakan IP yang Static, IP address nya diganti sesuai dengan Prefix atau Kelas yang akan digunakan. Misalnya 192.168.1..26 (Kelas C), setelah itu langsung saja di Change → Apply.
9. Menunggu Sebentar
10. Akan muncul seperti ini, itu tinggal di I Understand the Risk -> Add Exceptions -> Confirm Security Exception.
11. Pindah ke tab Wireless, Wireless Mode nya diubah menjadi Acces Point, karena kita akan menjadikan Ubnt sebagai Access Point(Memancarkan Signal)
12. Isi Frekuensi Mhz yang akan digunakan(tidak boleh sama dengan Frekuensi perangkat lain) karena akan menyebabkan signal/frekuensi tsb bertabrakan dan signal akan rusak/lemah,
- cara mengetahui Frekuensi yang ada di sekitar adalah dengan cara -> Tools(yang ada di sebelah kanan atas/disamping tombol Logout) ->Site Survey -> dan akan muncul seperti ini :
13. Apabila sudah mengetahui Frekuensi yang belum digunakan, ubah Frekuensi Mhz menjadi jumlah Frekuensi yang belum digunakan tsb, misalnya 2452. Setelah itu, Frekuensi Mhz nya di Enable -> Edit -> pilih 2452(Frekuensi yang tadi) -> OK.
14. Setelah itu, ubah Security atau keamanannya tergantung anda. Tapi saya sarankan untuk menggunakan tipe security yang aman seperti WPA2-AES > WPA Prashered Key dan isi passwordnya. Dan setelah itu, tekan ->  Change -> Apply.
15. Pindah ke tab paling kiri -> airMAX nya jgn lupa di Enable -> airViewnya itu 11111(bisa juga di ubah) -> Change -> Ok
16. Bisa di cek dulu di tab MAIN, untuk mengetahui Acces Point kita sudah berhasil atau belum, 

Selanjutnya, setting NanoStation atau yang bersifat sebagai Receiver nanti. Selengkapnya : http://azril22.blogspot.co.id/2016/01/setting-ubnt-nanostation-m5.html

No comments:

Post a Comment