Sebelum ada jaringan komputer, orang-orang menggunakan “sneakernet” untuk berbagi data antar komputer
Orang 1 menyimpan dokumen ke floppy disk/disket
Ketika berjalan ke Orang 2 (menggunakan sepatu sneaker)
menyerahkan disket ke Orang 2
Orang 2 memuat disket ke komputer untuk membaca dan
mengubah dokumen
Advanced Research Projects Agency (ARPA) membiayai desain Advanced
Research Projects Agency Network (ARPANET) untuk Departemen Pertahanan AS. Operasional jaringan komputer pertama di dunia.
Pengembangan jaringan dimulai tahun 1969, berdasarkan
desain yang dikembangkan selama tahun 1960-an.
Tujuan Jaringan Telekomunikasi
1. Sharing file, data, dan informasi
Dalam lingkungan jaringan, setiap pengguna resmi (authorized user) dapat mengakses data dan informasi yang tersimpan di komputer lain di jaringan.
Kemampuan menyediakan akses ke data dan informasi pada
perangkat penyimpanan bersama adalah fitur penting dari jaringan
banyak.
2. Membackup informasi penting secara tersentralisasi
3. Akses ke database berbagi-pakai (shared)
4. Berbagi perangkat lunak
Pengguna terhubung ke jaringan dapat mengakses program aplikasi
pada jaringan.
Orang 1 menyimpan dokumen ke floppy disk/disket
Ketika berjalan ke Orang 2 (menggunakan sepatu sneaker)
menyerahkan disket ke Orang 2
Orang 2 memuat disket ke komputer untuk membaca dan
mengubah dokumen
Advanced Research Projects Agency (ARPA) membiayai desain Advanced
Research Projects Agency Network (ARPANET) untuk Departemen Pertahanan AS. Operasional jaringan komputer pertama di dunia.
Pengembangan jaringan dimulai tahun 1969, berdasarkan
desain yang dikembangkan selama tahun 1960-an.
Tujuan Jaringan Telekomunikasi
1. Sharing file, data, dan informasi
Dalam lingkungan jaringan, setiap pengguna resmi (authorized user) dapat mengakses data dan informasi yang tersimpan di komputer lain di jaringan.
Kemampuan menyediakan akses ke data dan informasi pada
perangkat penyimpanan bersama adalah fitur penting dari jaringan
banyak.
2. Membackup informasi penting secara tersentralisasi
3. Akses ke database berbagi-pakai (shared)
4. Berbagi perangkat lunak
Pengguna terhubung ke jaringan dapat mengakses program aplikasi
pada jaringan.
Contoh Aplikasi Telekomunikasi
- ATM (Automatic Teller Machine)
- Pesan Elektronik
- Video Conferencing
- Transfer Dana Elektronik (Elektronik Found Transfer/EFT)
- Telepon,Facsimiles
- Telecommuting : bekerja tidak dalam kantor
- Distance learning
- Komputasi grup kerja(workgroup computing)
- Pertukaran Data Elektronik (Electronic Data Interchange / EDI).
- Dll
Connected House
Total Konvergensi Digital
No comments:
Post a Comment