Information Technology - University Of Technology Sumbawa

Wednesday 5 December 2018

BAB 8. Multimedia dan Virtual Reality - Ebook


Pengertian Multimedia
  • Multimedia adalah interaksi antara teks, suara, gambar statis, animasi, dan video (melibatkan berbagai media).
  • Berbagai aplikasi multimedia:
    1. Presentasi bisnis
    2. Pelatihan berbasis komputer
    3. Hiburan
    4. Pendidikan
    5. Penyajian Informasi
    6. Kios interaktif
    7. Telekonferensi

Aplikasi
Keterangan
Presentasi Bisnis
Digunakan sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyajikan atau memasarkan produk/service ataupun gagasan ke audiensi.
Pelatihan berbasis komputer
Digunakan untuk mempermudah pembelajaran tentang pengetahuan yang menuntut penyajian visual.
Hiburan
Digunakan dalam program-program permainan untuk membentuk suasana yang lebih menarik dan interaktif.
Pendididkan
Digunakan memvisualisasikan pelajaran-pelajaran yang sulit diterangkan (misalnya fisika dan matematika) dengan cara konvensional.
Penyajian Informasi
Dipakai untuk membentuk ensiklopedia atau kamus yang melibatkan teks, gambar dan suara. Selain itu bisa juga untuk penerbitan elektronik, baik dalam bentuk buku maupun koran elektronik.
Kios interaktif
Kios adalah tempat informasi yang biasa dijumpai pada tempat-tempat umum. Pemakai dapat berintekrasi dengan layar sentuh untuk mempermudah dalam mencari informasi.
Telekonferensi
Digunakan untuk bertemu muka dan bercakap-cakap melalui kamera kecil yang dihubungkan ke setiap komputer pemakai.

Kebutuhan Perangkat Keras
Kebutuhan perangkar keras untuk melengkapi kemampuan multimedia antara lain :
  • Kartu suara; untuk mendukung pemrosesan audio.
  • Speaker; piranti untuk menyajikan suara.
  • Mikrofon; piranti untuk menerima suara manusia.

Elemen Multimedia
  • Meliputi :
  • Teks
  • Suara
  • Gambar statis
  • Animasi/gambar bergerak
  • Video

Pengertian Virtual Reality
     Virtual Reality adalah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi sehingga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik.
- Contoh :
Pilot dapat menggunakan sistem virtual reality untuk melakukan simulasi penerbangan sebelum melakukan terbang yang sesungguhnya.



Peranti Virtual Reality
Untuk mewujudkan suasana yang menyerupai dunia nyata, virtual reality menggunakan peralatan-peralatan yang dinamakan glove, headset, dan walker.


  • Glove; piranti masukan yang dapat menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi gerakan ke sistem virtual reality.


  • Headset; piranti untuk memonitor gerakan kepala, sehingga seolah-olah pemakai melihat dunia nyata.


  • Walker; untuk memantau gerakan kaki. Mengatur gerakan kaki pemakai agar merasakan beban seperti kalau melangkah dalam dunia nyata.

Cara Kerja Virtual Reality
  • Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis.
  • Melalui perangkat headphone/speaker pemakai dapat mendengar suara yang realistik.
  • Melalui headset, glove, dan walker semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem dan sistem memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun secara psikologis.
Aplikasi Virtual Reality
Industri
Aplikas
Manufactur
  • Pelatihan
  • Pengujian rancangan
  • Prototipe semu
  • Analisis engineering
  • Analisis ergonomik
  • Simulasi semu dalam perakitan, produksi dan pemeliharaan.
Arsitektur
  • Perancangan gedung dan struktur yang lain.
Militer
  • Pelatihan (pilot, astronout, pengemudi)
  • Simulasi peperangan
Kedokteran
  • Pelatihan pembedahan (melalui simulasi)
  • Perencanaan pembedahan
  • Terapi fisik
Penelitian/Pendidikan
  • Laboratorium fisika virtual
  • Studi tentang topan
  • Kofigurasi galaksi
  • Pengujian matematika kompleks.
Hiburan
  • Museum virtual
  • Permaianan balap mobil 3-D
  • Simulasi pertempuran udara
  • Arcade
  • Taman virtual
  • Simulasi ski
  
Efek Negatif Virtual Reality
  • Orang-orang yang terlibat dalam penggunaan sistem ini kerap mengalami gangguan yang disebut cybersickness.
  • Penderita akan merasakan ketegangan mata dan bahkan disertai rasa pusing. Terkadang si penderita secara psikologis masih terbawa pada suasana semu yang diciptakan oleh sistem virtual reality walaupun ia telah kemabali ke dunia nyata.
Berikut ada Beberapa Latihan Soal :

  • Perangkat lunak yang secara khusus ditujukan untuk membuat aplikasi multimedia disebut .............
  • Istilah yang menyatakan gangguan yang dialami oleh para pengguna virtual reality  yaitu ...............
  • Kepanjangan dari AVI, MPEG, dan MKV adalah ..............
  • Teknik yang memanfaatkan data sehingga gambar rekonstruksi hasil pemanfaatan mempunyai perbedaan dengan gambar asli, tetapi bagi mata manusia kelihatan sama disebut teknik .........................
  • Suatu konsep yang menggabungkan informasi digital ke dalam lingkungan nyata dan ditampilkan secara waktu nyata dinamakan .........................


Untuk Mendownload Modul, silahkan menggunakan link berikut :
https://www17.zippyshare.com/v/DXE6PX7W/file.html

No comments:

Post a Comment