Information Technology - University Of Technology Sumbawa

Friday, 23 November 2018

BAB 2. Dasar Sistem Komputer




Konsep Dasar Sistem Informasi
  Secara umum, data dapat didefinisikan sebagai hasil dari pengolahan fakta yang jauh lebih berharga ditambah jauh lebih bermakna untuk penerima informasi yang menjelaskan kesempatan nyata yang digunakan untuk pengambilan penentuan keputusan. Informasi dapat berupa fakta yang telah diberi label atau mungkin diproses atau dilihat dan berkaitan dengan memanfaatkan dalam tindakan yang melibatkan penentuan pengabilan keputusan.
 Sumber : https://www.dosenpendidikan.com/pengertian-konsep-dasar-sistem-informasi-lengkap/


Dari Bit Ke Informasi
  • Sejak pertama kali diciptakan komputer bekerja atas dasar SISTEM BINER.
  • Yaitu sistem bilangan yang hanya mengenal dua macam angka (disebut BIT) berupa 0 dan 1.
  • Bit-bit digunakan untuk menyusun karakter , seperti huruf, digit, simbol.
Satuan Data
    BIT merupakan satuan data terkecil dalam sistem komputer.

1) Satuan Bit

  • Kata lain dari Bit adalah Binary Digit (angka biner)
  • Bit adalah satuan data terkecil dalam istilah komputer
  • Satuan Bit mempunyai nilai 1 dan 0 (angka yang mengalir secara terus menerus pada sistem struktur komputer)
  • Satuan Bit akan mengalir sebagai sinyal listrik.
  • Satuan Bit yang berwujud fisik adalah Disk CD,DVD (bit akan tampak sebagai bintik-bintik terkecil pada permukaan disk, dan dapat diterjemahkan/dibaca oleh Disk Drive (CD-Room).
  • Perhitungan jumlah Biner pada komputer yang digunakan adalah 8 bit, 16 bit, 32 bit dan 64 bit.
  • Satuan bit pada sistem 64 bit adalah terbaik dikelasnya, namun harus didukung oleh perangkat keras dan lunak yang optimal dijalankan pada sistem 64 bit.  

2) Satuan Byte

  • Byte terbentuk dari 8 bit.
  • Satuan Byte mewakili angka desimal dari 0 sampai 255.
  • Byte berguna untuk mewakili huruf, angka, simbol dam bentuk ASCII (American Standart Code fo Information).

3) Kilobyte

  • Satu kilobyte bukan berarti 1.000 byte, tapi 1.024 byte karena menggunakan perhitungan biner.

4) Megabyte

  • 1 Megabyte (MB) 1.024 Kilobyte (KB), jika dimulai dengan satuan terkecil berarti 1 MB  1.048.576 byte.
  • Ukuran file dan seperti memori (RAM) 64 MB 128 MB dan seterusnya.

5) Satuan Gigabyte (GB)

  • 1 Gigabyte sama dengan 1.024 Megabyte (pada saat ini mulai dari hardisk, vga card, memori menggunakan satuan ini) 
  • Diatas Gigabyte adalah Terabyte (TB)

6) Satuan Kilobit

  • Kilobit beda dengan Kilobyte
  • Kilobit (Kb) merupakan satuan ukuran dalam hal mentransfer data (kecepatan).
  • 1 Kilobite sama dengan 1.000 bit.
  • Jika modem memiliki kecepatan 56 Kb/s (kilobit per second) maka mampu mentransfer/mengantarkan data sebanyak 56.000 bit atau sekitar 6.9 Kb/s data pada jalur komunikasi yang digunakan seperti jalur telepon.

7) Satuan Megabit

  • Jika anda menggunakan jaringan internet yang berkecepatan tinggi 100 Mb/s, maka sama dengan 100 juta bit setiap detiknya atau 11,9 MB perdetik. Hitung yah siapa tahu salah.

8) Satuan Hertz

  • Asal nama Hertz berasal dari ahli fisika asal negara Jerman bernama Heinrich Rudolf.
  • Sebagai penemu pengukuran frekuensi listrik dan radio.
  • 1 hertz (1 Hz) sama dengan 1 putaran gelombang radio per-detik nya.
  • Satuan dalam monitor komputer menggunakan ukuran Hz.
  • Jika monitor anda setting 85 Hz maka akan me-refresh gambar pada layar sebanyak 85 kali perdetiknya.

9) Satuan Megahertz (MHz)

  • 1 MHz sama dengan 1 juta putaran perdetiknya.
  • Ukuran MHz digunakan pada processor generasi pertama sebesar 4,77 MHz. Saat ini sudah menggunakan Giga Hertz (GHz)

10) Satuan Gigahertz (GHz)

  • Satuan ukuran GHz digunakan oleh Processor Komputer dan Teknologi Jaringan Nirkabel.
  • GHz digunakan untuk menentukan tingkat spektrum radio.
  • Frekuensi Bluetooth menggunakan frekuensi sebesar 2.4 Ghz dan Wifi 2.4 sampai 5 Ghz.

11) Satuan RPM

  • Istilah RPM adalah Revolution Per Minute.
  • Digunakan pada harddisk dengan putaran 5.400 rpm sampai 7.200 rpm.

12) Satuan PPM

  • Digunakan pada kecepatan printer Paper Per Minute.

13) Satuan Frame Per Detik (fps)

  • Digunakan pada sebuah VGA Card (Kartu Grafis), semakin tinggi nilai fps nya maka gerakan pada layar akan semakin halus. Jika anda penggemar game carilah kartu grafis yang mempunyai spesifikasi diatas 30 fps, semakin tinggi semakin baik.

 14) Satuan Dot Per Inch (dpi)

  • Kualitas hasil hasil gambar mempunyai ukuran dot per inch (dpi)
  • Pada perangkat scanner menggunakan satuan ini bagaimana alat tersebut menangkap gambar.

15) Satuan Pixel

  • Picture Element (Pixel) ukuran ini digunakan pada layar monitor jenis LCD dan CRT namun harus didukung kartu grafis yang memiliki resolusi tinggi juga.

16) Satuan Megapixel

  • Mega Pixel (MP) sering digunakan untuk ukuran sebuah kamera digital.
  • 1 Mega pixel sama dengan 1 juta MP
  • Semakin kamera digital menggunakan ukuran MP yang tinggi, maka semakin bagus pula hasilnya.
 Sumber : https://www.ralabuma.com/2016/11/jenis-satuan-data-pada-sistem-komputer.html

MainFrame
  • Mainframe adalah istilah Teknologi Informasi dalam bahasa Inggris yang megacu kepada kelas tertinggi dari komputer yang terdiri dari komputer-komputer yang mampu melakukan banyak tugas komputasi yang rumit dalam waktu yang singkat. 
  • Mainframe umumnya digunakan oleh banyak pengguna yang terkoneksi dengan menggunakan terminal.
Perbedaan mainframe dengan super komputer ?
  •   Superkomputer adalah dioptimumkan untuk pengiraan rumit yang berlaku sebahagian besar di dalam memori. Peramalan cuaca sesuai untuk supercomputer.
  •   Mainframe yang dioptimalkan untuk pengiraan relatif sederhana yang melibatkan jumlah data yang besar luaran. insurans perniagaan atau aplikasi pemprosesan penggajian sesuai untuk mainframe.
 Satuan Waktu dan Frekuensi
  • 1 detik bagi manusia sangatlah cepat, tapi tidak bagi komputer.
  • Karena kecepatan komputer dalam memproses sangatlah tinggi (di bawah satu detik).
  • Satuan lainnya adalah Frekuensi. 
  • Diukur dengan satuan Hertz. 
  • Frekuensi berarti jumlah siklus dalam 1 detik. 
  • 1 hertz berarti dalam 1 detik terbentuk sebuah siklus.
Sistem Pengkodean Karakter
  • Ada bermacam-macam sistem yang digunakan untuk mengkodekan karakter, yaitu :
  • ASCII, EBCDIC, Unicode.
  • ASCII = awalnya 7 bit, namun sudah dikembangkan dengan penambahan menjadi 8 bit, simbol yunani dan karakter grafis.
  • EBCDIC= menggunakan 8 bit untuk setiap kode dan diterapkan pada komputer mainframe.
  • Unicode= dinyatakan dengan 16 bit, berbagai simbol dalam bahasa arab dan cina bisa ditampung.
  Sekian yang dapat saya bagikan ke teman - teman semua, untuk lebih lengkapnya. silahkan download dengan menggunakan link berikut : https://www36.zippyshare.com/v/XDCeQxpF/file.html

No comments:

Post a Comment